Beranda Nusantara Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

273
0

 

Patriotsatu.com – Sumpah Pemuda adalah tekad, tekad dari kaum yang progresif, bukan masalah usia, tapi adalah situasi mental kejiwaan (state of mind).

Pemuda bukan tentang lutut yang lentur, bibir yang merah, pipi yang merona kemerahan, tapi pemuda yang dimaksud adalah dalam masalah Tekad Kualitas Imajinasi yang memiliki kekuatan emosi dan kesegaran musim semi kehidupan demi Kemajuan Bangsa dalam Persatuan dan Kesatuan.

Sumpah Pemoeda itu komitmen secara sungguh memperjuangkan gagasan demi kebaikan hidup berkebangsaan yang jatuh pada  tanggal 28 Oktober 1928.

Soempah Pemoeda itu adalah kebesaran jiwa yang mengatasi kekerdilan kepentingan sempit demi kebaikan hidup bersama.

Soempah Pemoeda adalah keluasan horizon imajinasi kebangsaan yg mengatasi kesempitan primordialisme agama suku dan kedaerahan.

Setelah 90 tahun terlihat nyata semangat Soempah Pemoeda kok justru mundur ?
tampilnya orang orang muda di berbagai bidang kehidupan kok justru tidak memperkuat semangat Soempah Pemuda.

Kaum muda kebanyakan tidak sanggup mengambil jarak dari kaum tua, yang mewariskan tradisi dan budaya korupsi dan keterbelakangan. Kebanyakan juga kaum muda tidak menunjukan kemauan untuk memuliakan bangsanya melalui pengetahuan dan gagasan dan ide kemajuan.

Banyak figur-figur politik usia muda justru terlihat berebut meraih puncak kekuasaan tanpa Etos kejuangan yang etis, juga miskin imajinasi, dan justru cenderung ambil jalan pintas, dan tidak menunjukkan vitalitas daya muda yang progresif dan Komitmen kebangsaannya juga meredup !!

Dimanapun kita liat, tidak ada tanda tanda keseriusan untuk secara sengaja memikirkan, menata dan mengembangkan potensi yang kita miliki.

Dunia politik justru jadi arena pertarungan kekuasaan, ketimbang sebagai ajang merumuskan kebijakan dan pelayanan publik.

Peringatan Soempah Pemoeda seharusnya mampu menggali apinya, bukannya justru membawa pulang abunya.

Mari kita Kobarkan Semangat Progresif Mental Muda dengan Kobaran Komitmen Keluasan Jiwa yang secara sungguh sungguh membangun bangsa.

Ingat kata Boeng Karno Sang Proklamator “Semangat Soempah Pemoeda adalah semangat rela berjuang”.

Berjuang mati matian dengan penuh idealisme dan mengesampingkan kepentingan diri sendiri.

Semangat Soempah Pemoeda adalah Semangat Persatuan Kesatuan tanpa mengecualikan siapapun.

Kikislah semua kuman kelunturan dan degenerasi dengan menghidupkan kembali semangat Soempah Pemoeda.

Jangan Jadi Pemuda Alay, LGBT, Pengecut  dan Pecundang. Karena Pemuda adalah Generasi Penerus dan Pewaris Bangsa nan Besar.

Sadarlah Wahai Pemuda Pemuda Indonesia

 

penulis : Ketua Umun Komunitas Kritis Nasionalis Oscar Dany Susanto

 

Facebook Comments