Beranda Pariwisata Disbudpar Gelar Pelatihan SDM Usaha Makanan dan Minuman Bagi Supervisor

Disbudpar Gelar Pelatihan SDM Usaha Makanan dan Minuman Bagi Supervisor

251
0

Kabupaten Bogor, Patriotsatu.com – Masih banyak SDM lokal di sektor pariwisata yang belum mampu bersaing dengan SDM luar negeri. Untuk itu, guna meningkatkan daya saing tersebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor melaksanakan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Makanan dan Minuman bagi Supervisor dengan tema, “Excellent Services” di Hotel Gumilang, Jalan Raya Puncak, Cipayung, Kabupaten Bogor, yang diselenggarakan pada tanggal 23-26 September 2018.

Kepala Bidang Kemitraan, SDM dan Ekonomi Kreatif, Drs. Sudiyono, MM mengatakan Kegiatan ini baru pertama untuk level Supervisor dimana selain kegiatan ini nantinya para peserta memiliki kompetensi paling tidak dari materi yang diberikan antara lain, House Keeping Manajemen, Food and Beverage Service, Front Office Divition, Leadership, Public Relation and Personality, serta Peningkatan produktivitas karyawan hotel.

“Supervisor memiliki kapasitas untuk mengawasi sebagai pimpinan, mereka harus bisa menguasai kemampuan, pemahaman tentang pariwisata dan sikap dalam melayani dan memberikan kepuasan bagi para tamu, ” ujarnya disela-sela kegiatan kemaren.

Dia menambahkan, selain kegiatan ini, dikedapan Disbudpar Kabupaten Bogor akan mengadakan  Uji Kompetensi agar Supervisor adanya pelatihan ini dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi supervisor hotel agar dapat bersaing dan siap menyongsong era persaingan global.

“Diharapkan dengan adanya program kompetensi, SDM pariwisata Indonesia akan semakin professional. Bukan hanya destinasi atau infrastrukturnya, tapi SDM nya juga harus siap,” imbuh  Sugiono.

Lanjutnya, SDM Pariwisata membutuhkan program uji kompetensi untuk meningkatkan daya saing dalam hal ini mendapatkan dukungan dari Podomoro University dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor.

“Kalau ingin bersaing di level global, maka semua standard juga harus global, karena semenjak tahun 2015 kita sudah memasuki Masyarakat Eonomi Asia (MEA) dengan adanya kegiatan ini kita bisa membentengi dari tenaga luar,” terang Sugiono.

Sugiono menghimbau, jangan hanya dari pihak swasta saja yang mendukung maju nya Pariwisata di Kabupaten Bogor, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor pun dapat memberikan hal yang sama dengan menambah anggaran APBD untuk  kegiatan Pelatihan SDM Pariwisata yang profesional.

“SDM Pariwisata di Kabupaten Bogor mencapai ribuan orang sedangkan dalam setahun kuota yang mengikuti pelatihan ini berkisar 100-an orang, semoga Pemkab Bogor menaikan anggaran APBD untuk kegiatan ini karena pengusaha pariwisata telah memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, praktisi perhotelan Thomson Siregar sangat mendukung adanya pelatihan seperti saat ini, dapat menciptakan SDM Pariwisata memiliki kualitas yang lebih baik, baik secara keahlian dan pengetahuan mereka tentang Hotel dan Restauran kedepannya akan lebih memahami dan menjalankan tugasnya dengan profesional.

“Contohnya, saat tamu mulai datang beri senyuman, sapa dengan baik, dan disediakan tempat duduk lalu berikan minuman, jika servicenya memuaskan, mereka akan betah tinggal dan bersedia berkunjung kembali, sehingga target kunjungan wisata menjadi meningkat jadi saya yakin pengurus PHRI pun sangat mendukung karena sebagian dari mereka adalah pemilik Hotel dan Restauran. Siapa sih yang tidak mau jika karyawannya menjadi lebih Profesional,” ujarnya.

Menurutnya, suatu saat peserta pada kegiatan ini akan menjadi Supervisor yang profesional. Ilmu yang mereka dapatkan lebih mengetahui bagaimana mengatasi keluhan dari tamu. Mengetahui caranya melayani tamu dengan ikhlas dan tulus karena tamu adalah raja.

“Kami dari pihak Cimory Group berterima kasih dan diharapkan pelatihan ini para peserta dapat bersaing meningkatkan yang terbaik dalam pelayanan, sehingga otomatis dapat meningkatkan level mereka dan pendapatan,” tutur Corporate General Manager Cimory Group Thomson Siregar. (fer)

Editor : Erefer

Facebook Comments