Beranda Pemerintahan & Politik Kesbangpol Kabupaten Bogor Kembali Gelar Jambore Bagi ormas Dan LSM

Kesbangpol Kabupaten Bogor Kembali Gelar Jambore Bagi ormas Dan LSM

287
0

Kabupaten Bogor, Bogorupdate.com– Perkembangan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Bogor telah tumbuh dan berkembang pesat untuk itu perlu ditingkatkan sinergisitas dalam hal itu, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor, kembali  menyelenggarakan Jambore bagi Ormas dan LSM untuk memperkuat rasa persatuan dan solidaritas dalam mewujudkan Kabupaten Bogor yang aman, nyaman, dan kondusif pada tanggal 2-4 Oktober 2018 di Hotel Athalia Lifestyle Resort, Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Sambutan Bupati Bogor yang dibacakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesbangpol Kabupaten Bogor,  Wawan Darmawan mengatakan, dengan adanya kegiatan ini Ormas dan LSM yang ada dikabupaten Bogor agar lebih bersinergi sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Hal ini mengingat perkembangan potensi yang dimiliki Ormas dan LSM, perlu diperhatikan, dikembangkan, kwalitas Dan kemampuannya dalam rangka pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga sanggup secara nyata berperan aktif memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan daerah disegala bidang,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Bogor, saat upacara pembukaan kegiatan Jambore.

Dia menambahkan, kegiatan ini sangat penting dan strategis karena dapat menyatukan seluruh pengurus Ormas dan LSM agar mampu mengkonsolidasikan sebagai bagian dari gerakan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Bogor.

“Potensi disintegrasi bangsa dapat kita cegah apabila tiap orang dapat saling menghargai dan memghormati hak orang lain dalam melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia untuk memberikan inspirator dalam pembangunan masyarakat,” imbuh Wawan.

Lanjutnya, bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan bagi seluruh peserta dapat menyatukan pemikiran, wawasan, gagasan, dan aspirasinya demi pembangunan Pemkab Bogor agar dapat meminimalisir potensi konflik guna menguatkan rasa persatuan dan persaudaraan yang nantinya dapat menjadi partner atau juru damai bila terjadi resistensi, juga dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas.

“Kedepannya mari kita tingkatkan bersama saling tukar menukar informasi, berkoordinasi, berkomunikasi, dan membentuk silahturahmi antara pemerintah dengan Ormas dan sebaliknya agar dapat terciptanya, Kabupaten Bogor sesuai visi dan misi Kabupaten Bogor termaju di Indonesia,” pungkas Wawan.

Sementara itu ketua pelaksana, Kasie Bina Politik dan Kelembagaan Kesbangpol Kabupaten Bogor, Sujana Ashari menuturkan, adapun peserta yang mengikuti Jambore ini hanya dibatasi satu orang saja dari Perwakilan LSM dan dua orang dari perwakilan Ormas.

“Peserta yang mengikuti kegiatan Jambore Ormas dan LSM ada 100 peserta”, tuturnya disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut dikatakannya, dasar hukum diselenggarakan Jambore Ormas dan LSM tingkat Kabupaten Bogor yaitu, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013, Peraturan Pemerintah Nomor 58  Tahun 2015, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2013  dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2017. (Rie)

Facebook Comments